RSS

Wisata Kabupaten Lampung Selatan

27 Apr

Kepulauan Krakatau

Gambar

Wisatanesia.com-Kepulauan Krakatau merupakan sisa dari pulau gunung berapi yang disebut Krakatau Purba, mempunyai diameter 11 km dan tinggi 2 km (tercatat pada Javanees Book of Kings) yang diperkirakan meletus dan terpecah menjadi 3 gugusan Pulau pada sekitar Abad VI. Krakatau timbul sebagai gunung berapi yang aktif sampai mencapai ketinggian 830 meter dengan diameter 5 km.

Aktifitas gunung berapi dimulai secara teratur pada bulan Mei sampai bulan Agustus 1883. Pertama kali meletus dari arah puncak Perbuatan yang didahului dengan rangkaian gempa bumi dan pada tanggal 26 dan 27 Agustus 1883 terjadi letusan dahsyat yang terdengar sampai 4500 km dari titik letusan, antara lain di Australia Selatan, Ceylon dan Filipina.

Pada waktu itu terjadi ombak pasang yang sangat besar setinggi 40 meter yang menghancurkan 295 desa dengan membawa korban lebih dari 36.000 orang meninggal, khususnya disekitar daerah Selat Sunda, Pantai Teluk Lampung. Material yang dimuntahkannya lebih kurang 18 km kibik, dengan debu yang beterbangan mencapai ketinggian 80 km dari permukaan laut dan mengakibatkan keadaan gelap total selama 22 jam. Akibat dari letusan Pulau gunung Krakatau tersebut, hanya tersisa lebih kurang sepertiganya.

Gambar

Kepulauan Krakatau mempunyai daya tarik yang unik, baik bagi Wisatawan Nusantara maupun Mancanegara, khususnya bagi peneliti, karena Pulau ini merupakan laboraturium alam bagi berbagai disiplin ilmu (Geologi, Konservasi, Biologi dan Vulkanologi). Disamping itu, aktifitas Anak Krakatau, sunset pada sore hari merupakan panorama alam yang sangat menarik untuk disaksikan. Gunung Anak Krakatau muncul dari permukaan laut

pada tahun 1927 dan sampai dengan bulan Desember 1999 ketinggian Anak Krakatau telah mencapai lebih kurang 400 meter. Ketinggiannya terus bertambah beberapa meter setiap tahun.

Pantai Merak Belantung

Gambar

Wisatanesia.com-Pantai Merak Belantung atau juga di kenal dengan pantai embe terletak di sebuah teluk kecil yaitu Teluk Belantung atau bersebelahan dengan Kalianda Resort.

Pantai Merak Belantung ini dapat dicapai dalam waktu sekitar 45 menit dari Pelabuhan Bakauheni atau 1 jam dari kota Bandar Lampung.

Pantai Merak Belantung merupakan pantai yang bersih dengan pemandangan alam yang indah menjadikan pantai ini sangat cocok untuk berenang dan santai bersama keluarga.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Merak Belantung diantaranya:shelter, tempat parkir, ruang ganti pakaian, dll.

Teluk Lampung

Gambar

Wisatanesia.com-Perairan Teluk Lampung terbentang dari Kalianda di lampung Selatan hingga Bandar Lampung. Dengan luas sekitar 1.888 km+ dan kedalaman laut berkisar 10 s/d 30 meter, serta memiliki sejumlah pulau-pulau kecil,

dengan pantainya yang bersih dan asri menjadikan Teluk Lampung sebagai obyek wisata pilihan bagi Wisatawan yang gemar menyelam dan memancing. Teluk Lampung yang berada di Selatan Kota Bandar Lampung sangat mudah dicapai hanya dalam waktu kurang dari satu jam.

dengan menggunakan kendaraan roda empat maupun kendaraan roda dua,Perairan Teluk Lampung sangat cocok bila digunakan untuk berlibur di akhir pekan dengan keluarga.

Gambar

Pulau Sebuku

Gambar

Wisatanesia.com-Pulau Sebuku terletak di selat Sunda,tepatnya diantara Pulau Sebesi dan Canti. Pulau Sebuku unik dengan pantai yang bersih dan landai Pulau Sebuku sangat cocok untuk berenang atau sekedar santai guna menikmati panorama laut.

Transportasi menuju Pulau Sebesi dan Pulau Sebuku dapat menggunakan kapal motor reguler dari Dermaga Canti dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam.Bagi anda yang ingin mengenal Krakatau lebih dekat, maka Pulau Sebesi adalah tempat yang cocok untuk mengamati aktifitas gunung Anak Krakatau.

Pulau Sebesi dengan luas 1600 Ha adalah Pulau yang terdekat dangan anak Krakatau . Pulau ini juga dikenal sebagai tempat Wisata buru, dengan fasilitas yang telah tersedia ; Pesanggrahan dan cottage.untuk menginap.Sangat cocok digunakan untuk berlibur bersama keluarga.

Laguna Helau

Gambar

Wisatanesia.com-Laguna Helau, Merupakan sebuah resor yang berada di pantai yang terletak di desa ketang kecamatan Kalianda Lampung Selatan, sebuah kota nelayan kecil yang berada tidak jauh dari Pelabuahan Bakaheuni.

Laguna Helau telah dirancang sebagai sebuah desa nelayan Sumatra, dengan pondok-pondok kayu alam bertengger di kolom tinggi.

Laguna Helau Terletak di sebuah laguna yang menghadap ke Selat Sunda dan di laut Samudera Hindia,para wisatawan dapat menyaksikan siluet Anak Krakatau, yang merupakan anak dari gunung berapi yang terkenal, Krakatau.

Laguna Helau memiliki sekitar 8 cottage / pondok kayu yang terletak tepat di tepi pantai. Semua pondok kayu menawarkan pemandangan yang menakjubkan.

Pantai Wartawan

Gambar

Wisatanesia.com-Objek Wisata Pantai Wartawan terletak di Way Muli 14 Km dari Kalianda dan 30 Km dari simpang Gayam pada jalur Bakauheni – Bandar Lampung. Entah mengapa nama pantai itu menggunakan sebutan wartawan.

Usut punya usut ternyata kawasan wisata itu dikelola oleh sekelompok wartawan lokal. Dari sinilah lalu disepakati nama objek wisata itu sebagai Pantai Wartawan. Pantai Wartawan dan sekitarnya di harapkan untuk berkembang menjadi Desa Wisata dengan pandangan lepas ke arah gugusan Krakatau .

Lokasi pantai Wartawan menempati areal sempit antara jalan lingkar Gunung Rajabasa, lereng gunung dan laut. Sebuah sumber air panas berada pada sisi pantai karang kaki bukit gunung botak yang terus menerus mengeluarkan uap panas (suhu air laut 80 – 100 C ),

bukit Gunung Botak yang terletak persis di kawasan pasang surut. Dari bukit setinggi sekitar 50 meter ini, Anda dapat memandang hamparan pantai yang sangat indah.

 

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada April 27, 2012 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: